Macam Macam Mode Jaringan di Virtualbox

Macam macam mode jaringan di virtualbox – kalian sahabat networking mungkin sudah pada tahu ya apa itu yang namanya virtualbox, tapi buat yang belum tahu apa itu virtualbox dan fungsinya virtualbox saya sarangkan dan persilahkan untuk membaca dulu postingan saya sebelumnya tentang pengetian, fungsi, dan manfaat dari virtualbox. Nah dan pada kesempatan kali ini saya tidak akan mebahasa apa itu yang namanya virtualbox tetapi saya akan menjelaskan macam macam jenis atau mode jaringan yang ada pada virtualbox dan modenya itu ada 5 tetapi saya disini hanya akan menjelaskan jelaskan 4 mode jaringan, kenapa 4 ? karena mode jaringan yang satu lagi jarang digunakan oleh para pengguna virtual dan menurut saya mode jaringan ini hamper bias dikatakan tidak begitu berguna bagi para pengguna virtual. Lalu apa saja mode jaringan yang 4 itu, mereka adalah NAT, Bridged, Internal Network, dan Host-Only Adapter.

Mungkin setelah kalian membaca 4 mode jaringan di virtualbox yang ada di bawah ini, kalian akan mengetahui perbedaan dari NAT, Bridged,Internal Network, dan Host-only Adapter. Dan mungkin kalian juga dapat mengetahui kekurangan dan kelebihanya masing-masing, oke langsung saja ya kita bahas ke 4 mode jaringan itu.

Nat (Network Address Translation)
NAT atau (Network Address Translation ) adalah sebuah tipe virtual network default di virtualbox, maksudnya adalah mode NAT akan  secara otomatis menjadi tipe jaringan dari sebuah Virtual Machine yang baru. Fungsi NAT yaitu, dapat terhubung langsung ke OS host, dan memungkinkan bila OS host memiliki koneksi internet maka OS guest secara langsung akan mendapat koneksi internet tanpa harus melakukan settingan terlebih dahulu. Dan NAT juga bisa menghubungi atau ping ke OS host tetapi tidak sebaliknya.

Macam Macam Mode Jaringan di Virtualbox
 
Bridged Adapter
Dalam mode Bridged Adapter ini memungkinkan OS guest untuk merima data maupun mengirimkan data ke jaringan fisik. Jadi artinya OS guest dan OS host adalah dua computer berbeda yang terhubung ke dalam jaringan yang sama. Bila OS host memiliki lebih dari satu Ethernet maka kita harus memilih/menyetting ke jaringan mana virtual machine/OS guest akan disambungkan. Dan IP yang diberikan ke Vitual machine harus dari subnet yang sama dengan jaringan yang di pakai oleh OS host.

Macam Macam Mode Jaringan di Virtualbox

Internal Network
Internal Network atau dalam bahasa Indonesia (Jaringan Internal) adalah mode jaringan ini memungkinkan kita untuk membuat beberapa virtual machine/OS guest baru yang saling terhubung secara internal, dan pengertian secara internal ini maksudnya adalah sesama virtual machine yang tersambung/menggunakan suatu mode Internal Network sehingga bisa saling menghubungi satu sama lain melalu jaringan. Tapi mode jaringan ini sifatnya terisolasi dari dunia luar sehingga OS guest tidak dapat mengakses/menghubungi OS host dan demikian juga sebaliknya.

Macam Macam Mode Jaringan di Virtualbox


Host-Only Adapter
Dalam mode Host-only adapter ini dapat di artikan atau dianggap sebagai gabungan dari mode Bridged dan mode Internal network. Dalam mode ini OS guest dapat mengakses OS host dan sebaliknya OS host juga dapat mengakes OS guest. OS host dan guest yang menggunakan mode jaringan host-only adapter secaralangsung mereka berdua akan berada dalam satu jaringan yang sama dengan menggunakan Ethernet berbasis software.

Macam Macam Mode Jaringan di Virtualbox

Oke mungkin cuma itu yang bisa saya jelaskan mengenai macam macam tipe/mode jaringan di virtualbox, dan yang pasti semoga artikel di atas dapat membatu/bermanfaat bagi para sahabat sejati networking :)
Jangan lupa untuk di share artikelnya, dan bila ada yang ingin ditanyakan bisa langsung comment di kotak komentar yang ada di bawah atau bisa kirim ke email saya tanyaabangnetwork@gmail.com

5 Komentar

  1. jika bisa ditambahkan tabel perbandingan pasti lebih jelas lagi.

    BalasHapus
  2. vlan dan internal network sama tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda dong, vlan itu virtual yang mana harus sama id vlan di os guest dan host :). Artinya juga sebuah interface bisa di bagi kebeberapa network dengan memanfaatkan vlan.

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama