Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jenis Jaringan Komputer - Hello good people, apa kabarnya ? jumpa lagi dengan saya Doni dimana lagi kalo bukan di Abang Network “tempat tutorial jaringan komputer, linux dan mikrotik”, di artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang macam macam topologi jaringan komputer. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai  jenis jenis jaringan komputer yang ada pada saat ini.

Sebelum membahas ke topik utama yaitu macam macam jaringan komputer, lebih baiknya kita mengetahui dulu arti dari jaringan itu sendiri apa ? Pengertian dari jaringan komputer secara umum adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi/transfer data dari sistem yang satu dengan yang lainnya.

Secara garis besar jaringan komputer itu ada 5 jenis, dan cara untuk mengkategorikan / mengelompokan jenis jenis jaringan komputer tersebut yaitu dengan cara menghitung ruang likupnya atau dengan menghitung skala wilyah jaringan tersebut. Dan untuk lebih jelasnya silahkan baca dengan baik artikel di bawah ini mengenai jenis jenis jaringan komputer. 

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan Komputer
  1. Local Area Network (LAN) Merupakan jaringan local / internal yang ada di dalam sebuah kantor, gedung, sekolah, atau kampus. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam sebuah kantor organisasi, perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya jaringan misalnya printer, media penyimpanan (storage) atau yang lainnya.

  2. Metropolitan Area Network (MAN) Merupakan suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi/tempat seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Dan jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter. MAN juga mampu menunjang data dan suara, bahkan bisa berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

  3. Wide Area Network (WAN) Merupakan jaringan yang memiliki jangkauan geografis yang lebih luas dari pada LAN dan MAN, yang bisa menghubungkan sebuah negara bahkan benua.

  4. Internet bisa dijelaskan / digambarkan dengan contoh seperti ini. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Nah kumpulan jaringan yang saling terhubung (terinterkoneksi) inilah yang disebut dengan Internet. Dan

  5. Wireless atau jaringan tanpa kabel ini merupakan sebuah solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang mengunakn kabel. Dan kelebihan dari jaringan ini adalah bisa luluasa bergerak dalam melakukan aktifitas komunikasi.

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai jenis jenis jaringan komputer, tunggu artikel-artikel saya berikutnya, jangan lupa untuk like and share ilmunya, salam networking, and bye :)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama