Inilah Alasan Mengapa Panah Kursor Mouse Dibuat Miring

Inilah Alasan Mengapa Panah Kursor Mouse Dibuat Miring - Di jaman yang modern seperti sekarang ini siapa sih yang tidak tahu dengan mouse komputer, engga cuma orang-orang dewasa yg sudah tau perkembangan komputer dari dulu, sekarang ini anak SD bahkan anak TK pun sudah mengenal apa itu mouse dan kegunaanya.

Inilah Alasan Mengapa Panah Kursor Mouse Dibuat Miring
Kursor Mouse

Mouse yang di gerakan dengan tangan akan terlihat visualnya di layar komputer dengan bergeraknya pointer yang berbentuk panah. Dan panah tersebut bisa bergerak kemanapun sesuai dengan intruksi yang dilakukan oleh tangan.


Namun pernahkah kalian mengetahui keunikan yang ada pada panah kursor tersebut, yup benar, arah panahnya. Pernahkah anda berfikir kenapa panah kursor/pointer tersebut arahnya miring, tidak dibuat lurus ?

Kursor mouse yang selamai ini kita ketahui memang berwujud seperti anak panah yang di gambarkan miring sekitar 45 derajat ke arah kiri. Namun ternyata hal tersebut bukan karena si pembuatnya iseng, atau bahkan biar terlihat keren, tapi itu ternyata ada tujuannya.

Inilah Alasan Mengapa Panah Kursor Mouse Dibuat Miring
Douglas Engelbart (Penemu mouse)

Pada mulanynya, saat mouse pertama kali dibuat oleh Douglas Engelbart pada tahun 1968, kursor dibuat tegak lurus ke atas. Baru pada sekitar tahun 1970an, dimana komputer Xerox PARC dibuat, kursor kemudian dibuat miring seperti sekarang ini.

Lalu kapa alasannya diganti? Hal tersebut disebabkan karena pada waktu itu komputer yang beredar masih menggunakan layar dengan susunan pixel beresolusi rendah, sehingga kursor mouse berbentuk tegak sulit untuk di cari pada layar karekna tampilannya yang mirip dengan objek-objek lain yang di tampilkan dikomputer. Ditambah lagi pada waktu itu layar yang digunakan masih monokrom hitam dan putih. Bisa di bayangkan oleh kalian repotnya melihat semua objek yang tegak lurus.

Nah jadi karena masalah itulah maka pada akhirnya kursor dibuat miring 45 derajat ke arah kiri untuk mempermudah pengguna dalam mencari posisi kursor di layar. Dan sejak saat itu hingga saat ini, temuan dari Englebart tersebut diadopsi oleh para pembuat software komputer, termasuk juga Steve jobs dengan produk MAC OSnya,Bill Gates dengan Windwosnya dan Linus Torvalds dengan Linuxnya pun menggukan bentuk pointer yang sama.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama