Perbedaan RAM Single Channel dan Dual Channel

Perbedaan RAM Single Channel dan Dual Channel - RAM atau Random Access Memory adalah salah satu sisi utama dari CPU yang perlu dimiliki. Namun beberapa orang mungkin saja cuma tahu kemampuan RAM yang beritanya makin besar kemampuan RAM jadi kemampuan computer bakal makin cepat namun tak tahu lebih jauh tentang RAM ini. Bila menilik lebih jauh ke CPU atau laptop anda, anda bakal temukan slot RAM pada motherboard. Dan pada kesempatan kali ini saya bakal menuturkan perbedaan RAM single channel dengan RAM dual channel.

Ketidaksamaan RAM single channel dengan dual channel yaitu kecepatannya, di mana pada single channel 4 GB mempunyai kecepatan yang lebih rendah di banding dual channel 4 GB. Untuk perkiraan single channel yaitu 1 RAM dengan kemampuan 4 GB, dual channel yaitu 2 RAM yang dipakai dengan masing-masing kemampuan 2 GB. Kenapa dual channel lebih cepat? Mudahnya begini, lantaran ada pembelahan fungsi di mana pada single channel berarti 1 RAM melakukan seluruhnya proses yang berlangsung di computer atau laptop anda, namun pada dual channel berarti ada 2 RAM yang dapat dialokasikan untuk mengatasi proses yang tidak sama, jadi RAM tidak terbebanni dalam waktu yang sama dan aktivitas juga bisa terus berjalan normal.

Dan untuk mengetahui RAM kita single channel atau dual channel kita dapat menggunakan software yang bernama cpu-z dan kalian bisa cek disini : Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer

Perbedaan RAM Single Channel dan Dual Channel

Bila tidak mau mendownload softwarenya silahkan anda untuk membuka komputer atau laptop anda dan lihat pada motherboardnya... haha yang bener aja kalian mau buka komputer atau laptop sedangkan yang mudah juga sudah ada.
so untuk mendownload softwarenya silahkan klik disini

Mungkin cuma itu yang bisa saya sampaikan pada artikel Perbedaan RAM Single Channel dan Dual Channel, semoga dapat membatu dan bermanfaat bagi kalian.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama